y a n g b a c a b l o g i n i w a j i b k o m e n :D

Belanda : Negara Bendungan


.





Apa yang kita pikirkan ketika mendengar kata Belanda??


Kincir angin, tulip, keju, bendungan terbesar (dam), dll. Berbagai macam hal menarik untuk dipelajari disana. Dari kecil aku pernah denger kalau Belanda adalah Negara dbawah laut (how come?) yang terlintas awalnya adalah seperti kota terendam laut di Alexandria, dan masih ada orang bertahan tinggal di bawah laut (haha).

Ternyata yang di maksud adalah Belanda yang sebagian daerah tanahnya lebih rendah dari laut. Seperti namanya Holland : tanah yang datar, Netherlands : tanah yang rendah. Salah satu kota yang berdiri dibawah permukaan laut adalah Rotterdam, sebagian besar dari kota ini dibangun di bawah tanggul. Salah satunya adalah Prins Alexander Polder yang terletak di timur laut Rotterdam ini berada 6 meter di bawah permukaan laut. Titik dataran terendah Belanda adalah 6.76 meter di bawah permukaan laut. (That’s so awesome)

Rotterdam http://www.codart.nl/images/Events/rotterdam_maas_76445.jpg

Sejak abad ke-10 tanggul dan bendungan di Belanda sudah mulai di bangun, hal ini dilakukan untuk menghindari banjir, menyelamatkan pulau agar tak terendam air laut, dan memperbaiki saluran air. Karena Banyaknya daerah datar yang berdiri di bawah permukaan laut yang sebenarnya.

dan yang menjadi salah satu bukti hebatnya perkembangan sipil di Belanda adalah bendungannya yang hebat juga :D


Braakman enclosure dam













http://www.nethcold.org/nethcold/images/middelstekolom/braakman_m.jpg


Pasang surut di The Braakman telah ditutup pada tahun 1952 dibangunnya bendungan ini untuk member perlindungan terhadap banjir demi menyelamatkan tanah pertanian daerah sekitar.
Tinggi pasang surut mencapai 3 sampai 5 meter dengan arus yang kuat, maka dari itu dibutuhkan teknik baru dalam pembangunan dam. Sealable Caissons atau lebih terkenal dengan Caissons Phoenix ini digunakan pertama kalinya menutup mengisi pasir dibawah air.

And you know what? Enam bulan setelah pembangunan bendungan ini, sebuah gelombang badai luar biasa mematahkan tanggul di lebih dari 150 wilayah Barat Daya Belanda. Dan daerah Braakman terselamatkan dari banjir besar. Setelah di cek, bendungannya hanya sedikit rusak dan bisa langsung diperbaiki ;)

Brouwersdam











http://www.nethcold.org/nethcold/index.php?c=damsinNL&id=5&PHPSESSID=fed5b4c34fe5c18c17b296d05bcf9bba

Dibangun tahun 1971 sebagai bagian dari Rencana Delta. Brouwersdam dibangun untuk menutup volume yang terkena pasang surut, volume tersebut sekitar 350 juta meter kubik.
Tapi karena penurunannya kadar garam di air itu mengakibatkan meningkatnya kematian flora dan fauna di daerah Danau Grevelingen. Oleh karena itu, pada tahun 1978 dibuat pintu air di bendungan tersebut untuk menyalurkan air danau dengan air laut. Dan sejak itu danau menjadi kawasan konservasi alam yang penting.


Haringvliet Dam














http://www.nethcold.org/nethcold/index.php?c=damsinNL&id=6&PHPSESSID=fed5b4c34fe5c18c17b296d05bcf9bba


Bendungan ini menutup teluk kecil Haringvliet yang dibangun tahun 1971. Melindungi daerah pasang laut dari banjir dan mengatasi masalah salinisasi, dan pintu air yang dapat mengatur debit air sungai yang berlebihan.
17 pintu air di 4,5 kilometer bendungan ini memiliki kapasitas maksimum sampai 21000m3 per second. Pintu air - pintu air tersebut dibangun di sepanjang bendungan berbentuk polder. Pasang surutnya dipenuhi pasir dan blok beton yang kuat.

Dan setiap pembangunan bendungan pasti ada efeknya, yang terjadi disni flora dan fauna yang biasanya di temukan di daerah pasang surut kini sebagian besar menghilang. Akhirnya baru-baru ini pemerintah memutuskan untuk secara bertahap mengembalikan pengaruh pasang surut.

Lauwrszee Dyke













http://www.nethcold.org/nethcold/index.php?c=damsinNL&id=7&PHPSESSID=fed5b4c34fe5c18c17b296d05bcf9bba


Perbendungan Lauwerszee ini selesai dibangun tahun 1969. Bendungan ini memiliki kontrol yang lebih baik dalam menangani banjir di daerah Belanda utara. Saking besarnya bendungan ini, bangunan bendungan ini juga sampai bisa membuat lahan sebesar 9000 hektar untuk di tempati. Jadi kayak buat pulau kecil gitu.
Sekarang danau Lauwersmeer direncanakan menjadi tempat rekreasi .

IJsseloog Ring Dyke













http://www.nethcold.org/nethcold/index.php?c=damsinNL&id=8&PHPSESSID=fed5b4c34fe5c18c17b296d05bcf9bba



Dilihat dari bentuknya memang sangat unik, tapi tempat ini sangat tercemar dan harus dibersihkan. Disini juga dibangun oleh Ketelmeeler untuk penyimpanan pengerukan lumpur. Positifnya dari pembangunan tempat ini adalah akan menghemat ruang di darat dan ga akan menganggu penduduk setempat karena tempatnya terpisah dari pemukiman.
Tanggul di bangun setinggi 10 meter, dan yang bentuknya melingkar berdiameter 1 km itu dibuat untuk meminimalisasi kontak pencemarn dengan lingkungan.

New Waterway Storm Surge Barrier










http://www.nethcold.org/nethcold/index.php?c=damsinNL&id=9

Pembangunan New Waterway Storm Barrier ini selesai di tahun 1996, bangunan ini juga merupakan akses ke pelabuhan Rotterdam. Bangunan ini juga melindungi area terpenting di Rotterdam dan Dordecht dari banjir pasang surut yang luar biasa besarnya. Karena daerah ini merupakan daerah padat dan ekonomis.
Bendungan ini dibangun dengan dua gerbang raksasa yang mengembang dan terhubung ke pantai dengan panjang 250 meter. Setiap kali badai berlangsung, diperkirakan gerbang dapat berayun dan dapat menurunkan dasar beton dengan membuka kran. Tapi setelah itu air bisa dipompa melalui katup sehingga gerbang bisa melayang lagi ke pantai. Kira di Indonesia bisa ga ya ngebuat yang kayak gini?

Eastern Scheldt Storm Surge Barrier


http://www.nethcold.org/nethcold/index.php?c=damsinNL&id=10

Selama pembangunan pada awal tahun70-an, konstruksi ini sempat ditentang public karena ingin teluk tetap terbuka, alasannya adlah untuk melestarikan alam dan industry perikanan. Akhirnya dibuat keputusan membangun penghalang gelombang badai pada tahun 1986.
Bendungan penghalang ini terdiri dari 65 tiang beton besar yang memiliki pintu baja dan dapat menutup debit air antar dermaga.
Setelah pembangunan selesai, akhirnya keselamatan dan ketahanan yang dijanjikanpun dievaluasi. Dan public percaya sehingga menyetujui rencana kebijakan terpadu tersebut untuk mengelola Scheldt Timur.


http://www.nethcold.org/nethcold/index.php?c=damsinNL&id=9

Zandkreek dam and Veerse Gat dam




Bendungan ini menjadi danau payau Zandkreek.
Semua bangunan ini dibangun selama caissons.



Terbukti dari bendungan hebat yang dibangun bahwa pendidikan sipil Belanda tidak usah diraguan lagi. Pendidikan lainpun tidak perlu diragukan karena standard pembuatan sekolah di Belanda sangat tinggi, sehingga orang tidak dengan mudah membuat sekolah :)

21 Responses to “Belanda : Negara Bendungan”

  1. Mmg Negara Bendungan,.
    Gila emg Belanda,.Negara aza Dibendung.
    ketinggian laut sama pemukiman tinggian lautnya,.gmana kalo tsunami yah sky.,?
    Cie,cie..Blogger ayeunna mah euy..:D

  2. informatif ga nihh .. hehe
    lagi semangat nyoba ng'aktifin blog yang lebih informatif dan bisa jadi motivator dari pada di pake curhat teruss :p

    apa yang ingin kamu tau tentang belanda selain ini?
    komen lagi aja yaa buat referensi tulisan baru :D

  3. Anonim says:

    kalo gw soal tentang belanda yaitu sejarah sunda yang di ambil belanda dan pantung sejarah suku bugis itu tuh ada di belanda,,ahha,ahah,,,,ternyata suka banget yah lo ama blog,,,lo salah masuk jurusan ky,,ahhaa

  4. haha,.like this Ko..,

    apa yaahh..,negeri kincir angin.,bener gg y?(ngasal tea)...

    sok punya blog yg informatif,yg bisa mencerdaskan pembaca,..SEMANGAT..!!
    :D

  5. kalau membaca semua ini aku rasa pusat pdam internasional juga bisa di bilang belanda itu. di sana tentang saluran air semua, penting ni di baca untuk stake holder pdam seluruh indonesia ni. ^^

  6. babaroror says:

    bukankah belanda adalah negara yg dulu menjajah Indonesia selama 3,5 abad? lalu akhirnya kita merdeka dan berkoar akan mampu membangun negara ini tanpa campur tangan asing.
    tapi kenapa kita sekarang malah harus belajar banyak dari mereka?? inilah yg mesti kita tanyakan..

    Mari lihat kota Bandung yang sempat dikenal para ekspatriat sebagai Paris van Java. Kalau kita menilik kembali sejarahnya, tata kota Bandung dirancang oleh Daendels, seorang belanda pada jaman penjajahan silam. Beliau begitu detail merancang tata kota ini dan mampu dinikmati oleh masyarakat Bandung. Pada masa prakemerdekaan Bandung terkenal sebagai kota taman, kota yang ramah bagi warganya.

    Tapi kalau dilihat sekarang, taman2 itu mulai hilang fungsi seiring tumbuhnya pohon-pohon beton berlabelkan supermall, plaza dan hotel. Bukankah kita lebih tolol dari negara yang dahulu menjajah negri ini?? Mereka menjajah tapi membangun. Namun setelah kita merdeka, kita membangun dengan menjajah negara sendiri..

    Sangat miris memang. Mari kita bertanya pada diri sendiri, pantaskah kita merdeka dari mereka???

  7. Rene H.F. Vacquier - Gouda, Belanda says:

    Hey Resky, Very interesting.. I read your blog paper just now. Have a look at:
    http://en.wikipedia.org/wiki/Flood_control_in_the_Netherlands, about the fight of the Dutch to control floods
    and:
    http://www.waterland.net/index.cfm/site/Water%20in%20the%20Netherlands/pageid/E3B3B416-FB4E-0AB8-2FB6E2B271F1BD6E/index.cfm,
    and:...
    http://www.waterland.net/index.cfm/site/Water%20in%20the%20Netherlands/pageid/CDA0E5A3-D1F5-1767-58EECA08BC8288ED/index.cfm/water%20history, about watermanagement and history

    All are in in Enlglish. and give a good overview. Maybe via Google translate you can make translation into Bahasa Indonesia
    BTW one of the most important dams is: Afsluitdijk: http://en.wikipedia.org/wiki/Afsluitdijk
    Hope this helps... I will try to find more
    Oom René

  8. Nice post ... good luck :)

  9. nice info,, negara belanda emg yg paling top teknik sipilnya..

    indonesia harusnya bisa, sayang, kita sebagai SDM ny ga pernah mw belajar lebih, belajar dgn cukup aja bikin kita puas bgt, pdahal kita blm ada apa2nya,, huhh

  10. Maya says:

    thanks for the information :D
    really informative.
    soalnya sejauh ini yang saya tau cuma kincir, tenaga surya,philips, ama keju nya yang enak doang ..
    hehe

  11. thanks buat semua commentnya ..

    semoga q bisa jadi banyak belajar dalam hal menulis .

    big thank's for oom rene who give me spirit and many info from Netherlands . hehe

  12. Anonim says:

    iah, sejauh ini yg sy tahu ttg belanda cuma kincir anginnya doang . . ternyata eh, negara ini juga super dengan bendungannya yang menakjubkan . .
    salut postnya !! keren!

  13. Anonim says:

    negara kompeni nu iyeu mah..siga na mun bendungan na di pake ku jakarta moal teu hebring lah...moal banjir deui ..sugan!!

  14. Anonim says:

    kalo hubungannya bendungan dengan warga sekitarnya bagaimana teh??

  15. Gusti Pamarto says:

    Sangat informatif.. di Semarang sedang dilakukan FS untuk pembangunan DLP (Dam Lepas Pantai).. smoga terlaksana, karena akan menjadi pilot project untuk RTRW kota-kota besar lainnya di Indonesia yang kebanyakan berada di pinggir pantai.. dengan permasalahan yg hampir sama yaitu banjir dan rob...
    Like this very much..

  16. anonymous says:

    Indonesia juga sebenernya memilki bendungan yang luar biasa yang dibangun secara alamiah yaitu hutan mangrove..saya pikir jika mereka dapat bergerak dengan hebat di bidang sipil, kita juga dapat melakukan hal yang sama di bidang lingkungan

  17. oecoey doank says:

    pintu air Manggarai deh sejatinye londo in my country!!!

  18. nanna says:

    Belanda.. rasanya makin jatuh cinta aja dengan negeri kincir angin ini :)

  19. genial says:

    anjrit... akhirnya nemu juga info masalah ini... dari dulu nyari nyari sekalian pingin liat gambar aslinya gtu gmn mereka bisa di bilang pay-bas (perancis), tanah di bawah...

    ternyata bener2 mantep!!! tapi satu hjal.. waktu bencana dulu itu sampe terjadi >> Enam bulan setelah pembangunan bendungan ini, sebuah gelombang badai luar biasa mematahkan tanggul di lebih dari 150 wilayah Barat Daya Belanda.

    mungkin gag gitu besar kali makanya langsung gampang diperbaiki... ?!?!? wahh keren keren :)

  20. genial says:

    abad ke 10... wowww!!! itu artinya.. eropa saat itu masii kacrut.. di perancis dengan suku galia nya, inggris dgn anglo saxonnya.. sementara di belanda uda ada metode seperti ini.. ckckckckck.. makin penasaran :(

  21. Pengen.ke.Belandaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa:(

Your Reply