y a n g b a c a b l o g i n i w a j i b k o m e n :D

Belanda : Tempat tinggal yang menarik :)


.





Saya ingat waktu SMA ada tawaran untuk kuliah di luar negri, mereka menwarakan kuliah di berbagai Negara dan banyak sekali yang menarik.

Diantara kebanyakan teman-teman saya yang melingkari Negara Jerman, Prancis, Jepang untuk pilihan seandainya mereka ingin pergi untuk kuliah.

Saya melingkari Belanda, Negara yang memang saya ketahui terkenal dengan keju, tulip, bendungan, kincir angin dan bebagai hal yang menarik lainnya.

Saya pikir, kalau begitu banyak hal hebat dan terkenal dari sana, berarti kita harus banyak belajar dari sana juga . hehe

Walaupun akhirnya sampai sekarang saya belum sempat mengunjungi Negara idaman saya itu. Heuheu

Setelah kita mengetahui kehebatan Belanda dalam mengelola air terdapat dengan title “Belanda : Negara Bendungan” di blog ini. Ada beberapa fakta kenapa Belanda memang harus mengelola air dengan cermat dan hati-hati, yaitu:

*Penduduk Belanda sekitar 16 juta dengan kepadatan penduduk rata-rata 465 jiwa/km2

*Penduduk harus bertahan diatas tanah datar atau bahkan lebih rendah dari permukaan laut dengan titik tanah tertinggi rata-rata diatas 322m (Vaalseberg) dan terendah : 6.74m di bawah rata-rata (Nieuwerkerk aan de Ijssel)

*Pertahanan banjir primer: dengan total luas 3500km terdiri dari 1430 km tanggul sungai, 1017 tanggul disekitar danau, dan 430 km tanggul bukit pasir dan 260 km untuk pertahan pesisir.

Dan Belanda terus berfikir, melakukan inovasi-inovasi dalam hal pengelolaan air, berjuang melawan arus yang kemungkinan dapat menutupi seluruh pulaunya itu.

Dimulai kira-kira pada abad 9 sampai 13, yang banyak terjadi banjir besar di Belanda dan menelan ribuan korban. Namun Belanda tidak lari dari tanah tersebut, ia bertahan dan membangun tangul-tanggul untuk menahan air. Sampai Belanda terselamatkan dari suatu badai besar di tahun 1953 ia membuat Rencana Delta dalam pembangnan bendungan, lalu dari situ Belanda mendapat reputasi sebagai Negara yang telah menang melawan air. Selama ini Belanda telah berperang melawan air, dan berhasil menaklukannya.

Dan salah satu bendungan terpenting di Belanda yang saya lewatkan ternyata adalah

The Afsluitdijk

Bendungan ini menjadi jalan utama di Belanda, di bangun pada tahun 1927 dan selesai tahun 1933. Selama 6 tahun Afsluitdijk di bangun dari Den Oever, Wieringen di propinsi Holland Utara, sampai desa Zurich propinsi Friesland, dengan panjang 32 km dan lebar 90 m.Tinggi awalnya 7,25 m di atas permukaan laut.

Bahan yang digunakan untuk membangun bendungan ini adalah batu, tanah liat dan pasir. Di buat mulai dari kedua sisi daratan dan dua khusus konstruksi pulau sepanjang garis tanggul. Dibangun menghubungkan antara Friesland dan Hollandia Utara(motorway A7/E22)

Coba kalau ini diterapkan di Indonesia yang sekarang mulai sering kena pasang surut banjir, pasti sangat berguna, makanya kenapa saya menyarankan bagi anda yang ingin mempelajari sipil lebih dalam, belajarlah di Negara ini dan kembali ke Indonesia untuk menerapkannya. Hehe

Info lebihnya mengenai pendidikan di Belanda :

http://www.nesoindonesia.or.id/indonesian-students/informasi-dalam-bahasa/sistem-pendidikan-belanda

Dan dengan segala kelebihan di Belanda, mulai banyak orang dari Negara lain yang berinvestasi disana.

Bagaimana rasanya tnggal disana? Dan apa saja yang menjadi ciri khas Belanda jika kita mampir dan tinggal disana ?

Ada rumah dipinggir jalan dan ada juga suasana pedesaan yang asri. Kalau tinggal di pedesaanpun nggak jauh buat bisa berakifitas ke kota. Paling jauh perjalanan sekitar 20 menit. Dan biaya hidup di Belandapun relatif murah dibanding Negara-negara disekitarnya.

Untuk rekeasi dan menikmati budaya Belandapun banyak pilihannya. Bisa jalan sore di pinggir pantai, bahkan banyak juga tempat-tempat yang menyajikan masakan Indonesia, ada juga bar coklat yang biasa disebut “Kroeg Bruine” bisa jadi tempat nongkrong yang asik. Ada juga teater rumahan yang bisa menghibur orang-orang dengan budaya khas Belanda.

Sekitar 1100 museum tedapat di Belanda, diantaranya Rijks museum yang terkenal di dunia, Van Gogh Museum dan Museum Stedelijk, semuanya terletak di Amsterdam. Musik, opera, tari, dan orchestra juga berkembang diseluruh bagian Belanda.

Di bidang Olahraga, selain sepak bola yang sangat populer di Belanda banyak juga fasilitas olahraga lainnya seperti tenis, golf dan squash yang makin populer. Dan karena hamper seperlima dari Negara Belanda ditutupi danau, maka olahraga airpun terkenal disana. Dari memancing, berlayar, ski air, dan berenang. Di BElanda juga banyak tempat yang asik buat jalan-jalan pakai sepeda. Bahkan ketika udara dingin masih ada saja olahraga yang bisa dilakukan, yaitu ice skating yang menjadi favorit di musimnya :)

Dan ini adalah Gouda salah satu kota yang terkenal dengan kejunya, tempat tinggal saudara jauuuhh saya Oom Rene, Danielle dan Alain :)

http://www.facebook.com/album.php?aid=168771&id=754033484#!/photo.php?pid=3908974&id=754033484

http://www.facebook.com/album.php?id=754033484&aid=168771&s=0&hash=cf0f08f83f0f93de7ec3edd572a48b41#!/photo.php?pid=3908985&id=754033484

http://www.facebook.com/album.php?id=754033484&aid=168771&s=0&hash=cf0f08f83f0f93de7ec3edd572a48b41#!/photo.php?pid=3909013&id=754033484



Photos by Andika Pradana
(Kungliga Tekniska Hogskoland '09)

16 Responses to “Belanda : Tempat tinggal yang menarik :)”

  1. desyantiayu says:

    pengen deh tinggal dsana..

    g usah tinggal deh..tpi liburan..

    tapi mahal bgt..

  2. wink says:

    Belanda...negeri keju,negeri bendungan, negeri bunga tulip, negeri kincir angin,
    dan saya mau nambahin satu yang paling keren menurut saya adalah negeri katak,kikkerland ...

    Karena suasana dan cuaca di Belanda pas banget untuk kehidupan seekor katak: hujan lembab, dan mendung, katak bisa hidup bahagia di Holland, apalagi air menggenang di mana-mana..
    Anehnya sejak dahulu orang Belanda yang rindu dengan tanah air selalu menyebut katak sebagai salah satu hal yang mereka rinduin.
    Ketika orang Belanda masuk Nusantara,salah satu kota yang mereka dirikan adalah Batavia. Di atas puing-puing kota
    Jayakarta mereka mendirikan kota baru yang meniru bentuk dan tatanan kota Hoorn . Hoorn adalah kota kelahiran Jan Pieterszoon Coen, gubernur jenderal kompeni Belanda yang mendirikan kota khas Eropa lengkap dengan parit-parit atau grachten dan kanal-kanal. Untuk melengkapi jalan-jalan air ini konon Coen mengimpor katak dari Hoorn kota kelahirannya, supaya dia bisa krasan hidup merantau di Batavia sekian ribu kilometer dari negeri katak Belanda.

    Lalu apa yang masih tersisa dari jalan-jalan air di Batavia ini? Sedikit sekali, Kali Besar di pusat kota Jakarta tinggal saluran air kotor, sedikit sekali romantismenya...

    Andaikan Jakarta masih seperti Batavia yg dulu...

  3. arian says:

    Aduh bagus banget jadi pengen k sana...,
    Nyari-nyari beasiswa ah buat s-2

    Biaya hidup d sana gimana ky????

  4. iffal says:

    waktu saya kecil ayah saya sempat pergi ke belanda menjadi delegasi perusahaan tempatnya bekerja untuk mempromosikan produk teh-nya yang asli indonesia. dia sempat bercerita banyak tentang belanda, tentang kehidupan warganya yang ramah, tentang orang2 "Jawa" nya, tentang suasana lagitnya, tentang bangunan2 klasiknya, tentang dia yang sempat2nya ... See Moremanggung sampai rekaman beberapa lagu di belanda., ,.,. wah ,., dan saya rasa belanda adalah tempat yang indah,. *sayang waktu itu saya tidak diajak. dan saya hanya termangu mendengarkan cerita lama dari ayah saya itu.. :))

  5. thank's for all comments .. ternyata banyak yang temen2 ketahui juga tentang Belnda :)

    biaya hidup disana relatif murah dibanding negara2 sekitar Belanda . palinmg mahal ya 900 euro cukup buat kehidupan sehari2 plus, jajan, nongkrong2, yang suka kita lakuin di Indonesia . hehe tapi ini berdasarkan info i tahun 2007 ya .. hehe.

    kalo mau dipepet2 bisa sampai 100 euro perbulan, ah tapi kita mbiltengahnya deh .. sekitar 500 euro juga udh memenuhi kebutuhan sehari2 selama sebulan . :D

  6. allan says:

    bagus ky, coba bahas temapat2 makanan dibelanda atau makanan khas belanda skrng, kayanya lebih bagus lagi tuh....

  7. Rene H.F. Vacquier says:

    Dear Resky,
    As to what I understand from your Indonesian text, I think you have given a pretty nice overview about your dream country "The Netherlands".
    Maybe you can add thinks like the open welcoming mind of the Dutch people towards foreigners, the nice 4 seasonal climate, with mild to cold winters as well as nice summer temperature - not too hot not too cold.
    If you are going to continue about the dams, you are right to specially mention Afsluitdijk, since that is the most important first step of the water management: the closure of the so-called Zuiderzee. If you are interested I will try to find some old maps of the Netherlands before the introduction of water managment.

  8. René H.F. Vacquier says:

    Res, have a look at: http://nl.wikipedia.org/wiki/Geografie_van_Nederland there is some additional info on NL and a map how NL would look like if we would not hav good water management. Half of NL would be disappeared.oom René

  9. Thanks informasinya, kebetulan saya juga lagi cari informasi ttg negara2 lain Rencananya abis lulus S1 ini mau ambil shortcourse (dan disarankan ke Belanda)..So interesting :D

    Thanks so mucho! ♥

  10. best regard for mr/ms René H.F. Vacquier, i was read your replied for this article and may i know where are you know. i think and want to request for some quetion to you about NL. in 1997 i have a trip to NL, Arnhem being my destination with myparents and i feel so great when i stayed there. unfortunately i cant enjoyed because i came there as a kid. so i cant learn everything from there.

    wish me can go back there soon...

  11. Mochamad Rizki Harja Kusumah says:

    wahhhh....
    nace info nih...
    gw juga kepengen tinggal di LN salah satunya Belanda..
    Ato Inggris jg not bad..

    Hmm smoga gw cpt sukses and impian gw bisa terwujud..
    Aamiinn...

  12. Anonim says:

    wow . . jadi tertarik buat liburan d sana . . tp mahal hahahaha. . .

  13. thank's all buat komennya :))

    semoga semua bisa mewujudkan cita-citanya .. aammiinn
    dan semoga saya bisa lebih belajar dalam hal menulis.

    bang pradita : Oom René H.F. Vacquier as my uncle who give me to join this competition. beliau yang banyak memberi saya info tentang Belanda :)

  14. adi says:

    tar klo gw kesana gw bawain rumput dari belanda res buat resky
    hehe...
    :)

  15. Wahyu Trinanda says:

    Hhmmm,, Belanda yah? Pengen sih ke sana. Cuman lebih tertarik ke Jerman nih. Ada info gga tentang negara satu ini?

    Over all,, great writes!

  16. Anonim says:

    di Belanda aseek kayaknya...

    bisa sepedaan dengan nyaman dan aman... ^_^

Your Reply